ASAHLAH KAPAK ANDA

Pedang yang tajam akan mampu memotong kayu sekali tebas daripada pedang tumpul yang dipukulkan berkali-kali.

- Mack R. Douglas

Allan adalah seorang penebang kayu. Dia telah bekerja di sebuah perusahaan kayu selama sepuluh tahun, tapi belum pernah mendapatkan kenaikan gaji. Kemudian perusahaannya mempekerjakan Richard untuk mengerjakan hal yang sama. Tetapi Richard telah mendapatkan kenaikan gaji pada 12 bulan pertama. Allan kecewa dan memutuskan untuk menemui pimpinan perusahaan. Manajemen memberitahu Allan bahwa hasil kerjanya tidak pernah meningkat selama sepuluh tahun terakhir. Sebaliknya Richard telah menebang lebih banyak pohon dalam satu tahun dibanding dirinya. Tapi perusahaan berjanji akan menaikan gaji Allan jika hasil kerjanya meningkat. Allan kembali bekerja dan berusaha lebih keras namun sayang sekali hasil kerjanya tidak meningkat. Suatu hari kebetulan saja dia bertemu Richard dan memutuskan unutk meminta nasihatnya. Richard berkata pada Allan bahwa setelah dia berhasil menebang sebuah pohon, dia akan beristirahat sebentar ubtuk mengasah kapaknya. Allan tiba-tiba menyadari bahwa dia terlalu sibuk menebang pohon sehingga dia lupa mengasah kapaknya.

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Sangat penting untuk beristirahat dari tekanan kerja dengan sekali-kali pergi berlibur. beristirahatlah untuk menjaga kesehatan badan dan kejernihan pikiran. Gunakan sebagian waktu anda untuk pengembangan diri demi meningkatkan potensi anda dan untuk menyegarkan pikiran anada. Ada banyak seminar, buku, tape dan meteri yang ada di pasaran. Jadikan itu suatu kebiasaan untuk mencari buku-buku bernutu untuk dibaca dan bergaullah dengan orang-orang sukses dan dengan kebiasaan seperti itu akhirnya anda akan meraih kesuksesan.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya kan mengasah kembali semua kecakapan yang saya miliki. Semuanya! Menggunakan kecakapan berulang-ulang jelas bukan tindakan yang jelek, tapi mengasah kecakapan tentu akan mengubah segalanya lebih baik. Saya kan istirahat sejenak. Menengok kembali yang telah saya lakukan. Melakukan instrospeksi. Melakukan perbaikan. Menyempurnakan apa yang perlu disempurnakan. Saya harus bisa bekerja lebih cerdas, tidak hanya lebih keras. Saya tidak ingin menggunakan pedang yang tumpul. Saya layak mengasah "pedang-pedang kehidupan saya" karena dengan hanya itu ia akan sanggup menebas rintangan-rintangan yang menghadang!


No comments:

Post a Comment