CARILAH NASIHAT PADA ORANG YANG TEPAT

Tidak ada yang bisa memberi anda saran yang lebih bijak selain diri anda sendiri.

- Cicero

Suatu hari ada seorang jenderal yang ingin menyebrangi sebuah sungai. Sang jenderal tidak yakin dengan kedalaman sungai yang akan disebranginya itu dan pakah kudanya bisa menyebrangi sungai itu atau tidak. Sang jenderal mencari pertolongan di sekelilingnya dan melihat seorang anak kecil tidak jauh dari sana. sang jenderal meminta saran anak laki-laki itu. Anak laki-laki itu melihat ukuran kuda sang jenderal dan terdiam sesaat. Dengan percaya diri, anak laki-laki itu berkata pada sang jenderal, "Tuan anda dan kuda anda aman menyebrangi sungai ini." Kemudian sang jenderal pun mulai menyebrangi sungai di atas pelana kudanya. sesampainya di tengah sungai, tiba-tiba sang jenderal sadar bahwa sungai itu ternyata dalam dan mereka hampir tenggelam. Setelah sadar dari keterkejutannya, sang jenderal berteriak kepada laki-laki itu dan mengancam akan menghukumnya. Anak laki-laki itu tersinggung dan dengan perasaan tidak berdosa berkata, "Tapi tuan saya liat bebek-bebek saya menyebrangi sungai tiap hari tanpa masalah dan bebek saya memiliki kaki yang lebih pendek daripada kuda tuan."

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Jika anda butuh nasihat, dapatkan nasihat itu dari orang-orang yang tahu tentang apa yang mereka bicarakan. Napoleon Hill berkata bahwa, 'Opini itu barang termurah di bumi." Pastikan anda mempertimbangkan pendapat orang lain sebelum anda menurutinya.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Saya akan hati-hati meminta pendapat orang lain. Kalau setelah menganalisis masalah yang sedang saya hadapi dari semua sisi, kamudian saya tetap tidak yakin tentang keputusan yang bakal saya ambil, baru saya minta nasihat orang lain. Sebelum saya meminta nasihat seseorang, saya akan selalu mengingatkan diri saya bahwa orang yang paling memahami masalah yang sedang saya hadapi dan nantinya akan menanggung segala konsekuensinya adalah saya sendiri. Saya tidak akan menggantungkan takdir saya di tangan orang lain. Saya juga tidak ingin mencari calon kambing hitam. Hidup saya terlalu berharga untuk saya serahkan di tangan orang lain. Saya layak menentukan masa depan dan takdir kehidupan saya sendiri!


No comments:

Post a Comment