JADILAH SEORANG DERMAWAN

Ketik anda tidak lagi memberi dan mempersembahkan sesuatu kepada dunia, tibalah saatnya untuk memadamkan lampunya.

- George Burns

Andrew Carnegie adalah anak seorang imigran miskin asal Skotlandia dan kurang berpendidikan. Dia memulai karirnya sebagai seorang pesuruh di sebuah perusahaan telegraf. Tiga puluh lima tahun kemudian seiring dengan berjalannya waktu, Andrew Carnegie yang dulu hanya orang biasa, telah menanjak menjadi salah seorang pendiri peradaban besar dunia, menciptakan industri baja Amerika serta memiliki banyak kekayaan. Pada saat yang sama dia telah memiliki 43 orang jutawan yang bekerja padanya. Andrew Carnegie percaya bahwa setiap orang kaya wajib menyedekahkan hartanya dan dia juga percaya bahwa kekayaan tidak akan pernah habis hanya dengan disedekahkan. Setelah pensiun dari industri baja, dia menyedekahkan 350 juta dolar atau sekitar dua milyar lebih dalam kurs sekarang selama sisa hidupnya. Diantara kontribusinya kepada negaranya adalah pembangunan sebuah gedung konser di New York City, sebuah sekolah teknik di Pittsburgh dan ratusan yayasan yang dia dirikan untuk mengembangkan pendidikan dan penelitian.

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Kesederhanaan bukan merupakan halangan untuk menjadi sukses. Andrew Carnegie dengan latar belakangnya yang miskin berhasil menjadi salah satu pria terkaya pada masanya, dia berandil besar atas kesuksesan dalam penulisan karya Napoleon Hill, yang berjudul "Think and Grow Rich". Dia juga turut andil dalam membentuk 43 orang jutawan selama hidupnya. Dia merupakan seorang yang "dermawan". Semakin banyak anda memberi maka akan semakin banyak anda menerima, itulah yang harus dilakukan bila ingin selaras dengan hukum alam. Belajarlah dengan menjadi seorang yang "dermawan", anda akan mendapatkan kejayaan dan kesenangan dalam hidup anda.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya menjadi orang yang dermawan. Memberi bantuan materi adalah prioritas utama saya. Ini langkah paling cepat yang bisa saya lakukan. Selanjutnya, memberikan kecakapan saya, kepandaian saya dan pengalaman saya yang pasti ada manfaatnya bagi lingkungan saya. Saya yakin dengan semakin banyak memberi akan menjadi sumber kebahagiaan saya. Saya layak memberi kepada dunia saya karena selama ini dunialah yang telah benyak memberi saya!


No comments:

Post a Comment