FOKUSKAN PADA TUJUAN ANDA

Jangan takut gagal. Jangan membuang energi dengan menutupi kegagalan. Belajarlah dari kegagalan anda dan mulailah dengan tantangan baru. Tidak apa-apa gagal. Jika anda tidak pernah gagal, maka anda tidak akan menjadi matang.

- H. Stanley Judd

Christopher Colombus lahir di Genoa. Dia menjadi pelaut sejak usia 15 tahun. Suatu hari ia mengalami kecelakaan kapal, tetapi ia berusaha terus untuk sampai di daratan dengan bantuan sebuah papan terapung. Pada waktu itu semua orang percaya bahwa bumi itu datar. Tetapi Colombus berpendapat lain, dia percaya behawa bumi itu bulat. Dia berpendapat bahawa matahari dan bulan itu bulat, jadi mengapa tidak dengan bumi? Orang-orang meminta penjelasan kepadanya jika bumi ini benar-benar bulat, maka apa yang menyangga bumi ini? Colombus menjelaskan bahwa dengan berlayar melalui rute barat lewat Portugal, dia bisa sampai di benua Asia. Pernyataan ini merupakan pengembaraannya dan selama penyelidikan dia telah siap untuk kelaparan, jauh dari istrinya, teman-temannya menganggap dia gila dan menghujatnya. Namun akhirnya dia mendapatkan restu dari sang ratu Spanyol untuk membuktikan dugaannyatersebut. Semua pelaut yang ada di kapalnya tidak tertarik ikut dia, tetapi dia dipaksa ikut berlayar dengan Colombus. Setelah lima hari pelayaran mereka, kapal mereka terus berlayar, tak lebih dari sebuah kapal penangkap ikan yang terapung dan terombang-ambing dikarenakan kerusakan kemudi. Ditambah lagi kompas mereka tidak berfungsi. Meskipun mengalami semua tantangan semua ini, Christopher Colombus tidak berputus asa. Setelah berlayar sejauh 2.300 mil dari kampung halamannya, pada 12 Oktober 1492, Christopher colombus sampai di tempat tujuannya. Dia memang gagal mencapai tujuan semulanya yaitu benua Asia, tetapi dia telah menemukan sesuatu yang lebih baik yaitu benua baru, Amerika.

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Ketika anda mempunyai sebuah impian dan mulai ingin mewujudkan impian tersebut, anda akan menemui berbagai rintangan dan ejekan. Tidak seorang pun akan mendukung impian anda tersebut, tetapi pada akhirnya andalah satu-satunya orang yang akan membuat suatu perubahan. Sepanjang waktu pencapaian impian tersebut barangkali ada rintangan dan beberapa pengorbanan yang diperlukan. Kita mungkin tidak bisa mewujudkan impian kita, seperti halnya Christopher Colombus, tetapi jika kita terus berusaha mungkin kita bisa meraih sesuatu yang lebih baik.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya menetapkan tujuan saya. Menginventaris semua sumberdaya yang saya miliki dan mengarahkan semua pikiran dan tenaga untuk mencapai tujuan saya. Saya tidak akan tergoda oleh ejekan, rintangan atau surut kareana kegagalan. Bagi saya, bila tujuan sudah diapncangkan, pantang surut ke belakang. Bila hati sudah terpatri, pantang surut kembali. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya tahu apa yang akan saya capai!


No comments:

Post a Comment