JANGAN TERPEDAYA OLEH PIKIRAN BAWAH SADAR ANDA

Salah satu kekuatan yang paling merusak dari sisi psikologis adalah daya kreatif yang ditelantarkan.. Jika seseorang memiliki bakat kreatif dan karena kemalasan, atau alasan lainnya, tidak menggunakannya maka, energi jiwa itu berubah menjadi racun yang kuat. Itulah sebabnya penderita penyakit syaraf dan kejiwaan sering didiagnosis sebagai orang-orang yang tidak pernah memiliki kemampuan mewujudkan kemungkinan-kemungkinan yang lebih tinggi.

- Marie-Louise von Frantz

Ada seorang laki-laki yang bekerja pada sebuah jawatan kereta api. Suatu hari ketika dia masuk di ruang pembeku untuk melakukan kegiatan rutinnya, tiba-tiba pintu tertutup dan dia mendapati dirinya terjebak di ruang pembeku itu. Dia berteriak minta tolong, tapi tak seorang pun mendengar teriakannya karena saat itu tengah malam. Dia mencoba mendobrak pintu, tapi tak berhasil. Selagi dia bersandar di ruang pembeku, dia mulai merasa dingin dan semakin dingin. Kemudian dia mulai merasa lemah dan semakin lemah dan dia menulis di tembok ruangan itu, "aku semakin dingin dan aku menjadi lemah, aku akan mati dan ini mungkin pesan terakhirku. "Pagi harinya ketika pekerja-pekerja lainnya membuka pintu ruangan pembeku itu mereka mendapati dia telah mati. Yang menyedihkan dari cerita di atas bahwa alat pembeku ruangan itu telah rusak beberapa hari yang lalu. Pekerja malang itu tidak tahu masalah kerusakan alat pembeku itu dengan baik. Dia kedinginan, jadi lemah dan benar berharap dirinya mati.

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Alam bawah sadar kita bisa tertipu. Ia hanya bisa menerima dan bertindak berdasarkan informasi yang diberikan alam sadar. Alam bawah sadar tidak mempunyai kekuatan untuk menolak perintah-perintah atau informasi-informasi yang diberikan oleh alam sadar. Dalam kasus pekerja yang miskin di atas, dia berpikir dengan sadar bahwa dia menjadi dingin, lemah dan mati dan alam bawah sadarnya menerima perintah itu yang mempengaruhi mekanisme tubuhnya. Itulah sebabnya secara langsung dia membunuh dirinya sendiri.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya akan memasang detektor dalam diri saya yang memberitahu saya bila ada gagasan-gagasan saya yang kontra-produktif. Saya akan menjadi seorang alarmist bagi diri saya sendiri. Seorang yang dengan cepat mendeteksi adanya kejanggalan-kejanggalan dalam pola pikir saya. Begitu terdeteksi, saya akan mengevaluasinya dengan kritis. Kalau perlu menggantinya secara total. saya siap dengan segala konsekuensinya. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya memilih pikiran yang jernih, sistematis, terarah dan kreatif!


1 comment:

Post a Comment