PAHAMI RELATIVITAS KEBENARAN

Masalahnya, gelas itu setengah penuh atau setengah kosong?

- Dale Carneige

Ada tiga orang buta yang ingin mengetahui seperti apa hewan yang dinamakan gajah itu. Orang pertama meraba kaki dan berkata, "Gajah itu mirip batang pohon." Orang kedua meraba telinga gajah dan berkata, "Salah, gajah itu mirip kipas yang besar.' Orang ketiga meraba belalai dan berkata, "Kalian berdua salah! Gajah itu mirip ilar besar."

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Ketiga orang buta itu mempunyai pendapat yang benar tentang gajah berdasarkan pengetahuan mereka sendiri. Mereka menjelaskan berdasarkan keterangan yang mereka dapat dari meraba gajah. Di dalam kehidupan, kita menafsirkan situasi-situasi dalam cara-cara yang berbeda. Hanya karena kita melihat sesuatu secara berbeda tidak berarti yang lain salah. Kita mengetahui berdasarkan pada keyakinan-keyakinan, nilai-nilai dan acuan-acuan yang kita peroleh di sepanjang perjalanan kehidupan kita.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya tidak akan mudah mengklaim apa yang dikatakan sebagai satu-satunya kebenaran. Orang lain barangkali benar atau barangkali mereka memang salah. Masalahnya bukan siapa yang paling benar, tapi bagaimana saya menghargai keberadaan orang lain. toleransi terhadap apa yang diyakini orang lain akan saya jadikan dasar saya dalam membangun hubungan dengan siapa saja. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya bukanlah seorang absolutis!


No comments:

Post a Comment