TEGAKKAN KEMBALI HARGA DIRI ANDA

Kita tidak pernah disiapkan menghadapai hal-hal yang benar-benar baru. Kita harus menyesuaikan diri kita dan setiap penyesuaian yang radikal merupakan sebuah krisis dalam harga diri kita. Dibutuhkan kepercayaan diri yang besar dalam menghadapi perubahan drastis tanpa menimbulkan goncangan dalam diri kita.

- Eric Hofler

Seorang bussinessman memasukkan uang satu dolar ke dalam satu cangkir seorang pengemis penjual pensil dan buru-buru mengejar kereta api. Tiba-tiba, dia turun dari kereta api dan berjalan kembali ke pengemis penjual pensil untuk mengambil beberapa pensil. "Saya harap anda tidak keberatan" katanya. Kemudian dia berkata lagi, "Anda adalah seorang bussinessman seperti saya. Anda mempunyai satu untuk dijual dan satu dolar itu harga yang adil." Lalu bussinessman itu naik kereta api berikutnya. Beberapa bulan kemudian di sebuah acara sosial,seorang lalaki dengan pakaian rapi, mendekati sang bussinessman dan memperkanalkan dirinya, "Anda mungkin tidak mengenal saya, tapi saya tidak akan pernah melupakan anda. Anda adalah laki-laki yang telah mengembalikan kehormatan saya. Saya dulu seorang pengemis penjual pensil sampai anda datang kembali dan mengatakan kepada saya bahwa saya adalah seorang bussinessman.

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Kita mempunyai potensi dalam diri kita. Untuk itu kita hanya membutuhkan sedikit dorongan dari orang lain untuk mengambil tindakan yang berani. Hal paling penting yang bisa kita lakukan untuk orang lain bukan membagi kekayaan kita kepada mereka, tapi menolong mereka menemukan kekayaan dalam diri mereka sendiri. Seperti kata pepatah, "Jika anda memberi seekor ikan kepada seseorang, anda akan memberinya makan satu hari, tapi jika anda mengajarinya memancing, anda akan memberinya makan seumur hidup.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya akan membangun kembali harga diri sesuai nilai yang sebenarnya. Kalau selama ini saya tidak memperdulikan harga diri, barangkali itulah sebabnya mengapa kesuksesan tampak sulit saya raih. Saya percaya harga diri itu semacam magnit yang menyedot semua elemen kesuksesan. Harga diri itu semacam magma yang membangkitkan kembali kekuatan dahsyat dalam diri saya. Hanya dengan harga diri saya bisa menatap masa depan dengan penuh kebanggaan. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya berjuang menjadi orang terhormat - man of honour!


No comments:

Post a Comment