KEKUATAN MEMILIH ADA DI TANGAN ANDA

Masalahnya bukan apakah kita memiliki kebebasan untuk memilih atau berapa banyak pilihan yang kita punyai, tapi bisakah kita menggunakan kebebasan itu untuk menentukan sebuah pilihan yang bijak.

- Sudarmaji

Victor Frankl adalah seorang psikiater dari Austria yang termasyhur di dunia karena buku luar biasa yang ditulisnya "Man's Search for Meaning". Dia ditangkap Nazi dan melewatkan 3 tahun yang amat menyedihkan di kamp konsentrasi Nazi baik di Auschwitz maupun di Dachau. Dia menceritakan secara gamblang dan detil, trauma, keburukan, penyiksaan dan penderitaan yang telah dia alami selama tahun-tahun penahanannya itu. Dia harus berjalan melewati salju dan lumpur tanpa mengenakan kaos kaki sehingga ujung jari kakinya membeku di sela-sela sepatunya yang berlobang. Dia menceritakan bagaimana Nazi itu menyiksa dirinya, memukul kepalanya dengan gagang sanapan dan begaimana perasaannya ketika menyaksikan teman-teman dan sanak keluarganya dimasukkan ke dalam kamar gas atau dikubur hidup-hidup. Setiap sore dia dan tahanan yang lain diberi makan semangkuk sup encer hanya dengan satu biji kacang polong yang diletakkan di dasar mangkuk sebagai jatah mereka sehari-hari. Dia juga emnceritakan bagaimana dia harus tidur bercampur dengan kotorannya sendiri. Menurut Victor Frankl, "Semua bisa diambil dari manusia, tapi tidak yang satu ini: kebebasan manusia dalam menentukan sikapnya dalam merespons keadaan sekitar, kebebasannya dalam memilih jalan hidupnya sendiri."

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Satu hal yang harus kita kontrol adalah pilihan kita, reaksi terhadap keadaan sekitar. Tidak ada seorang pun yang bisa membuat kita marah atau membuat kita bersedih. Kita hendaknya memilih pilihan kita sendiri. Jadi di lain waktu ketika anda dihadapkan dengan keadaan ini, berhentilah sejenak dan sadarilah bahwa anda mempunyai pilihan bagaimana menyikapi keadaan ini. Kesuksesan atau kegagalan tidak ditentukan oleh apa yang telah terjadi pada diri kita, tetapi lebih ditentukan oleh reaksi terhadap kejadian yang menimpa diri kita.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya akan dengan cermat dan tepat menggunakan kebebasan yang saya miliki untuk menentukan pilihan. Saya tidak boleh gegabah atau tergesa-gesa. Saya sadar bahwa pilihan-pilihan yang saya ambil saat ini akan menentukan masa depan saya. Saya tidak mau ada kekuatan apapun yang mempengaruhi, apalagi menentukan apa yang saya pilih. Pilihan ada di tangan saya. Saya harus berani menanggung segala resiko atas pilihan apapun yang saya ambil. Saya akan mempertimbangkan segalanya sehingga saya bisa mengambil sebuah pilihan yang bijak. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya telah menentukan pilihan dengan tepat!


No comments:

Post a Comment