LIHATLAH DARI PERSPEKTIF ORANG LAIN

Tidak ada yang lebih berbahaya dibanding sebuah gagasan ketika itu menjadi satu-satunya yang anda punyai.

- Emile Cartier

Crowly "si dua pistol" adalah seorang penembak dan pembunuh terkenal yang tidak merokok maupun minum-minuman keras. Pada tanggal 7 Mei 1931, seratus lima puluh polisi dan detektif mengepungnya. Ketika dia tertangkap, komisaris mengumumkan bahwa Crowly adalah salah satu penjahat paling berbahaya yang pernah ada di New York, "dia akan membunuh sampai titik penghabisan", seru sang komisaris, tapi bagaimana Crowly memandang dirinya? Polisi menemukan sebuah catatan yang ditulis olehnya, mengatakan, "Di diriku ini terdapat hati yang jenuh, tapi ada orang-orang tertentu yang tak mau membiarkan seseorang mendapat kehangatan." Beberapa waktu yang lalu dia telah membunuh seorang polisi dengan darah dingin. Crowly telah divonis kursi listrik, sebelum kematiannya dia mengatakan, "apakah ini yang kudapat satelah aku membunuh orang? Bukan," katanya, "ini adalah yang kudapat karena mempertahankan diri."

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Tak seorang pun suka dikritik atau disalahkan. Kebanyakan orang tidak mau mengakui bahwa dirinya salah. Begitu juga bagi seorang pembunuh terkenal seperti Crowly "Dua pistol" sekalipun tidak akan menyalahkan dirinya sendiri. Jika anda ingin memiliki hubungan yang sehat dan bagus dengan orang lain, jangan pernah mengkritik, menyalahkan atau protes kepada mereka. Cobalah mengerti dan memandang segala sesuatu dari sudut pandang mereka.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya akan mengontrol ego saya. Saya tidak akan memaksakan kehendak saya. Saya akan menempatkan diri sebagai orang yang bisa memahami dan menghargai pendapat orang lain. Salah dan benar bukanlah tujuan utama saya. Tapi tenggang rasa yang penting. Dunia ini ibarat pelangi, ia berlapis-lapis. Ia menawarkan sejuta interpretasi. Saya tidak tahu interpretasi siapa yang benar karena saya yakin interpretasi itu berasal dari pengalaman dan pendidikan orang lain yang beragam. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya bisa menempatkan diri saya dari sudut pandang orang lain!


No comments:

Post a Comment