KENDARAILAH TAKDIR ANDA



Seringkali kita berdoa agar dijadikan orang yang suci, jauh dari egoisme dan menjadi orang yang mulia, tapi kita acapkali lupa bahwa semua ini tidak turun dari langit, tapi sesuatu yang perlu kita perjuangkan.
- Jyman Abbott

yusuf adalah orang yang istimewa dan dia memiliki mukjizat menafsirkan mimpi-mimpi. dai anak kesayangan ayahnya dan kehidupannya dipenuhi kebahagiaan bersama orang tua dan saudara-saudaranya. sampai suatu hari, karena terbakar cemburu, kesebelas saudaranya menjual dia sebagai budak kepada orang Mesir. Oleh pedagang budak itu, kemudian dia dijual kepada panglima seorang Mesir. Karena kehadiran yusuf dalam keluarga mereka, kehidupan sang panglima amat bahagia dan mereka dikaruniai segala macam kemakmuran. Yusuf lalu memperoleh anugerah dari majikannya karena diangkat sebagai penggung jawab urusan keluarga dan mengelola bisnis majikannya. Kebahagiaan ini tidak berjalan lama karena suatu hari Yusuf difitnah telah mengganggu istri sang panglima dan dia pun dijebloskan ke dalam penjara. Di penjara lagi-lagi yusuf memperoleh perlakuan istimewa karena sipir penjara mengangkatnya sebagai pengatur kebutuhan para tawanan. Pada saat yang sama, pelayan pembawa minuman firaun juga dijebloskan ke dalam penjara. Selama menjalani masa hukumannya, Yusuf sering menafsirkan mimpi-mimpi aneh yang dialami para tawanan dan tafsirannya selalu tepat. Kemudian pelayan itupun dibebaskan dari penjara dan ia berjanji pada Yusuf bahwa ia akan berbicara kepada firaun kalau sebenarnya Yusuf tidak bersalah. Tahun-tahun berganti dan sang pelayan lupa dengan janjinya kepada Yusuf. Suatun hari, Firaun bermimpi aneh dan tidak ada satu pun dari para penasihatnya yang bisa menafsirkan mimpi anehnya itu. Si pelayan itu tiba-tiba teringat Yusuf dan mengatakan kepada Firaun mungkin saja Yusuf bisa membantu menafsirkan mimpinya. Firaun pun segera memanggil yusuf dari penjara. Yusuf kemudian menafsirkan mimpi Firaun dan kali ini lagi-lagi tafsirannya tidak meleset. Atas keberhasilan menafsirkan mimpi Firaun itu, rakyat Mesir terbebas dari bahaya kelaparan selama tujuh tahun berturut-turut. Atas sumbangsihnya itu, yusuf memperoleh anugerah yang banyak dari Firaun. Salah satu anugerah itu adalah Yusuf diangkat sebagai perdana menteri Mesir sabagai tangan kanan Firaun.

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Yusuf mengikuti takdirnya, meskipun dia menghadapi berbagai tantangan, dia memaafkan saudara-saudaranya yang telah memperlakukannya tidak adil. Akhirnya dia berhasil dan menjadi orang yang berkuasa di Mesir - tangan kanan firaun. Penting bagi kita membiasakan diri memberikan maaf dan melihat sisi positif segala hal. Ingatlah bahwa dalam setiap kesengsaraan terdapat benih-benih kesuksesan yang besar.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya akan menaggung sagala penderitaan saya karena saya sadar sesungguhnya ini adalah sisi lain dari mata uang kesuksesan. Saya akanmembangun keyakinan dalam diri saya bahwa kesuksesan mustahil bisa saya raih dalam sekejap. Pasti ada perjalanan panjang yang penuh dengan cobaan, penderitaan, kemunduran dan keputusasaan. Saya akan menguatkan diri saya bahwa batas antara penderitaan dan kebahagiaan, antara kejatuhan dan kesuksesan sangat tipis. Kalau saya layak memperoleh kesuksesan, tentunya saya layak pula menghadapi segala rintangan yang menghadang. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya sanggup menanggung semua penderitaan sebagai bagian dari kemenangan!

No comments:

Post a Comment