CARILAH PERAN MODEL YANG TEPAT

Hubungan akan membantu kita mendefinisikan siapa diri kita dan akan menjadi apa kita kelak. Kebanyakan diantara kita dapat melacak kesuksesan: bahwa kesuksesan kita, kita raih berkat hubungan-hubungan penting yang kita miliki.

- Donald O. Clifton dan Palua Nelson

Ada seorang laki-laki yang bekerja sebagai seorang mandor di sebuah pabrik. Setiap pagi dalam perjalanan ke tempat kerjanya, dia akan melewati sebuah toko yang khusus menjual jam. Dia akan berhenti sebentar di toko itu dan mencocokkan jam tangannya, kemudian melanjutkan perjalanannya kembali. Dia melakukan ini setiap hari. Pemilik too itu menjadi sangat penasaran dan pada suatu hari menghentikan laki-laki itu dan bertanya kepadanya apa yang sedang dilakukannya. Laki-laki itu berkata bahwa ia seorang mandor pada sebuah pabrik dan setiap hari tugasnya adalah membunyikan bel tepat pada jam 17.00 sebagai tanda waktu kerja telah usai untuk hari itu. Dia ingin menjadi orang yang tepat waktu dan untuk itu dia setiap hari melihat jam pada jam besar di toko untuk mencocokkan waktu dengan jam tangannya. Pemilik toko itu mulai tertawa! Dia berkata "Setiap hari jam 17.00 ketika membunyikan alarmnya, saya cepat-cepat mencocokkan jam saya.

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Sangat penting bagi kita menyadari bahwa untuk menjadi sukses kita harus mengikuti dan mencontoh pemimpin yang benar. Kita hendaknya meneladani pemimpin yang mempunyai karakter-karakter, nilai-nilai yang dapat dipercaya. Jika salah melakukannya, sangat mungkin mendapatkan diri kita tetap bisa "mencapai tangga kita", tetapi hanya untuk mendapati bahwa kita berada di "puncak tangga yang salah."

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya kan mengembangkan kualitas-kualitas, disiplin-disiplin, nilai-nilai dan karakter pribadi saya dengan mengambil teladan mereka yang telah sukses. Inilah prinsip pengalaman adalah guru yang baik. Kalau saya belum pernah mengalaminya, barangkali tidak salah jika saya mengambil pengalaman orang lain yang benar-benar telah sukses. Sebagian diri saya adalah diri orang lain, tapi saya telah memilihnya secara selektif. Dalam diri saya layak diisi dengan kualitas terbaik dari penjuru dunia!


No comments:

Post a Comment