LIHATLAH MASALAH DARI BERBAGAI SISI

Menurut saya orang hanya memiliki satu ide dan satu-satunya ide yang mereka miliki itu sepertinya salah.

- Samuel Johnson

Ada seorang okter yang diundang untuk berbicara di depan seorang pemabuk. Dia ingin melakukan sebuah demonstrasi untuk menyampaikan pesan kesehatan penting bahwa menuman keras sangat merugikan dan tidak baik bagi kesehatan. Dokter itu mengisi sebuah gelas dengan air murni dan sebuah gelas lagi dengan alkohol. Lalu dimasukkannya seekor cacing ke dalam gelas yang berisi air murni. Dalam gelas tersebut tampak cacing berenang-renang sangat indah dan menjulurkan kepalanya ke atas. kemudian dokter itu memasukkan lagi seekor cacing ke dalam gelas yang berisi alkohol. Para pemabuk itu terbengong-bengong menyaksikan bagaimana cacing itu hancur dalam cairan alkohol. Selanjutnya ia bertanya kepada para pemabuk apa kira-kira pesan yang terkandung dari demonstrasi barusan. salah seorang dari pemabuk itu menjawab, "Jika anda minum alkohol, anda tidak akan pernah cacingan."

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Ketika kita memiliki keyakinan terhadap sesuatu, apakah itu baik atau buruk, kita cenderung melihat sesuatu tersebut dari sudut pandang kita sendiri. Kita mendengar dan menafsirkan sesuatu sesuai dengan apa yang kita dengar, bukan menurut apa yang telah dikatakan. Ini menjadi kebiasaan kita. Oleh karena itu, sangat penting mencermati segala persoalan dari segala sisi supaya kita bisa mengahsilkan sebuah keputusan yag bijak.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya akan mencermati setiap masalah dari berbagai perspektif. saya tahu dahwa dengan mengamati satu masalah hanya dari satu sisi tidak akan bisa mendatangkan solusi yang tepat. Saya harus memahami sebuah masalah secara komprehensif. Saya tahu bahwa hanya dengan mengamati masalah dari berbagai sisi, saya akan memperoleh solusi yang tepat dan bijak. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya tidak bersikap egois!


No comments:

Post a Comment