TANAMKAN KEYAKINAN PADA DIRI SENDIRI


Berusaha meraih yang terbaik dalam segala hal, meskipun dalam kenamyakan hal, itu sulit dicapai. Namun, mereka yang igni melakukannya, dan tetap gigih mempertahankannya, akan lebih mendekati apa yang mereka inginkan ketimbang mereka yang malas dan patah semangat yang hanya akan menjadikan mereka gagal dalam meraih apa yang menjadi keinginan mereka dan akhirnya menjadi putus asa.

- Lord Chesterfield

Ini kisah tentang seorang pemecah rekor lari 1 mil dalam waktu kurang dari 4 menit. Selama ribuan tahun, orang percaya bahwa sangat tidak mungkin bagi manusia menempuh jarak 1 mil dalam waktu kurang dari 4 menit. Pada masa mesir kuno, orang percaya bahwa dengan melepaskan beberapa singa lapar yang akan mengejar mereka, seorang bisa lari 1 mil kurang dari 4 menit. Tapi ternyata usaha mereka sia-sia belaka, mereka hanya mencapai waktu terbaik 4 menit lebih 6 detik. Sejak itu tidak ada pemecahan rekor. Para ilmuwan, dokter ahli menyatakan bahwa tidak mungkin seseorang bisa lari 1 mil kurang dari 4 menit dan mengatkan "Jika ada orang yang berani mencoba, jantungnya pasti akan pecah." Mitos ini terus diyakini oleh kebanyakan orang. Tapi tidak bagi Roger Bannister. Laki-laki ini tidk mempercayai apa yang dikatakan oleh para ahli dan orang kebanyakan itu. Roger lebih percaya pada dirinya sendiri. Roger berlatih secara sistematis dan pada tahun 1954 Roger mampu berlari 1 mil kurang dari 4 menit. Roger bisa memecahkan rekor itu. Setahun kemudian, sebanyak 37 pelari lainnya juga memecahkan rekor itu.

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Roger Bannister memilih untuk mempercayai dirinya sendiri, bukan pada orang lain. Dia harus bisa mengubah keyakinan tentang mitos 1 mil dalam 4 menit itu. terlebih dahulu Roger harus menyiapkan fisik dan mentalnya. Sebenarnya Roger melakukan visualisasi bahwa dia bisa mematahkan mitos ini karena tidak ada orang yang berani sebelumnya. Pelajaran yang sangat berharga yang bisa diambil dari pemecahan rekor ini adalah: "Jika Roger mampu kenapa kita tidak!"

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya akan menggedor kesadaran saya: "Ya, kenapa kita tidak!" Saya akan membangun kembali mental juara saya: "Kenapa saya tidak bisa melakukannya?" Saya akan membuang jauh-jauh semua pikiran negatif yang hanya menghalangi langkah saya yang ingin saya capai. Tidak ada satupun halangan yang saya takutkan. Tidak ada satupun omongan orang lain yang perlu saya dengarkan. Saya layak memperoleh kesuksesan karen saya telah menulis tebal-tebal dalam jurnal pribadi saya: "Saya pasti bisa melakukannya!"


No comments:

Post a Comment