KENALILAH MUSUH-MUSUH ANDA

Kita adalah apa yang kita lakukan berulang-ulang. Keunggulan, karena itu, bukan suatu perbuatan, tapi suatu kebiasaan.

- Aristoteles

Ada seekor kalajengking yang ingin menyebrangi sungai. Dia melihat seekor katak di pinggir sungai. dia meminta si katak membantunya menyebrangi sungai itu. Si katak menolak dan berkata "aku tak mau mengorbankan diriku untuk membawamu menyebrangi sungai itu karena aku tahu kamu beracun dan akan menyengatku begitu kamu mempunyai esempatan." Kalajengking itu merayu si katak dan meyakinkan si katak bahwa dia tidk akan menyengat si katak jika si katak itu setuju membantu kalajengking. Bahkan jika dia menyengat maka dia dan dirinya akan sama-sama hanyut di sungai. Si katak akhirnya setuju dan membantu. Si katak menyebrangi sungai dengan menggendong kalajengking di punggungnya. Ketika mereka sampai di tengah sungai secara tidak terduga kalajengking menyengat katak dengan kuat. Dengan nafas terakhir si katak berkata pada kalajengking, "Kamu sudah berjanji tidak akan menyengatku. Sekarang kita berdua tidak akan terhanyut - mengapa?" Kalajengking menjawab, "Aku tidak tahan untuk menyengatmu. sudah kebiasaanku."

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Kebiasaan-kebiasaan mudah ditiru tapi ini membutuhkan waktu dan keyakinan untuk mengubahnya. Bagaimanapun buruknya kebiasaan ini mudah ditiru. Hilangkan kebiasaan buruk secara perlahan-lahan dan gantilah kebiasaan-kebiasaan buruk itu dengan kebiasaan-kebiasaan sukses yang lebih baik. Itu membutuhkan usaha yang serius dan sadar bahwa penderitaan tidak dapat mengubah kebiasaan-kebiasaan yang buruk. Kebiasaan-kebiasaan itu bisa diubah menurut dan Dr. Maxwell Maltz dibutuhkan sekitar 21 hari untuk mengubah suatu kebiasaan.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya berjanji tidak akan diperdaya oleh musuh-musuh saya. Saya akan meningkatkan intuisi saya untuk mendetekasi musuh-musuh saya. Saya sadar mereka bisa berasal dari diri dalam saya sendiri, seperti kekhawatiran berlebihan, fanatisme dan egoisme. Atau dari lingkungan eksternal seperti teman-teman yang suka emmanfaatkan saya, kelompok-kelompok sosial yang sama sekali tidak bermanfaat. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya telah mengenali musuh-musuh saya!


No comments:

Post a Comment