PENDIDIKAN ADALAH KUNCI KESUKSESAN

Seringkali kita berdoa agar dijadikan orang yang suci, jauh dari egoisme dan menjadi orang yang mulia, tapi kita acapkali lupa bahwa semua ini tidak turun dari langit, tapi sesuatu yang perlu kita perjuangkan.

- Jyman Abbott

Suatu sore, seorang ayah yang baru pulang kerja mendapati anak bungsunya sedang menendang dan menangis di ruang tamu. Anak itu tidak mau masuk TK besok dan anak itu memprotes dengan tegas kebijakan orang tuanya. Ayah anak itu duduk dan berpikir, "Seandainya aku anak kecil, kenapa aku tidak tertarik masuk sekolah TK?" Orang tua anak itu kemudian membuat daftar kegiatan yang disukai anaknya seperti menggambar, bernyanyi dan mendapat teman baru. Mereka kemudian berakting, seluruh keluarga mulai menggambar di dapur tanpa kehadiran anak lelaki yang malas sekolah. Tiap anggota keluarga bergembira, anak tadi mengintip di sekitar pojok ruangan kemudian anak itu minta bergabung dalam permainan itu. Ayahnya berkata, "Oh tidak kamu harus masuk TK dulu untuk belajar menggambar." Kedua orang tua itu mulai menjelaskan kepada anaknya semua kesenangan yang bakal diperolehnya jika dia mau sekolah. Di pagi buta ayah anak itu turun tangga, dia mendapati anak laki-lakinya tertidur di sofa yang ada di ruang tamu. "apa yang kamu lakukan disini?" Ayah itu bertanya, anak itu menjawab, "Saya sedang menunggu hari esok untuk masuk sekolah. Saya tidak ingin telat."

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Kekerasan tidak selalu berhasil dalam mengatasi masalah. Anda tidak bisa memaksa seseorang untuk melakukan apa yang anda inginkan. supaya orang mau melakukan apa yang anda suruh, anda harus membuatnya melakukan dengan ikhlas. Bertanyalah pada diri sendiri, "Ingatlah, menyadarkan orang lain itu membutuhkan keinginan yang kuat."

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya membangkitkan kegairahan-kegairahan dalam diri saya untuk belajar. Untuk melahap semua informasi dan pengetahuan. Saya akan menjadi "kutu buku". Barangkali sekarang saya belum menemukan manfaat jangka pendeknya, tapi saya yakin, hanya itulah satu-satunya cara untuk mempersiapkan diri saya menjadi orang yang berpendidikan - syarat mutlak menjadi orang yang sukses. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya adalah seorang pembelajar yang haus dengan segala pengetahuan!


No comments:

Post a Comment