KEGAGALAN BUKANLAH AKHIR SEGALANYA

Tak mungin ada kemajuan bagi umat manusia kecuali kalau manusia berhasil melepaskan diri dari belenggu kekuasaan dan tradisi.

- andre Gide

Bagaimana seorang pelatih gajah melatih gajah-gajahnya? Begini caranya: ketika seekor gajah masih kecil, pelatih akan mengikat gajahnya dengan tali yang panjangnya sekitar 5 kaki dan mengikat kuat ujung tali itu dengan pasak yang menancap kuat di tanah. Gajah akan selalu berusaha untuk berontak tapi tidak mampu karena dia masih kecil dan tidak mempunyai kekuatan. Ia akan terus mencoba dan berusaha tapi selalu gagal. Kemudian tibalah pada satu titik dimana gajah itu tidak akan mencobanya lagi. Bertahun-tahun kemudian ketika gajah itu tumbuh dengan sempurna, tapi gajah itu tidak akan berusaha melepaskan diri dari rantai-rantai yang membelenggu kakinya karena ia mengira bahwa itu tindakan yang percuma. Ia telah gagal beberapa kali sebelumnya mencoba melepaskan diri. Ironisnya, ia mempunyai kekuatan memindahkan batang kayu besar. Sesungguhnya dia bisa melepaskan diri dari rantai itu hanya dengan satu gerakan ringan saja, tapi ia telah dibiasakan untuk tidak mencobanya.

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Gajah itu telah dikondisikan agar tidak mencobanya lagi, si gajah melihat kegagalan sebagai hasil pengalaman masa lalu. Masa depan tidak sama dengan masa lalu. Anda mungin mengalami banyak kegagalan sebelumnya tapi hari ini ada lembaran baru dan semuanya menjadi mungkin jika anda mempunyai keberanian untuk mencoba sekali lagi, belajarlah dari masa lalu dan menujulah ke masa depan dengan penuh keyakinan. Yang lalu biarlah berlalu dan anda telah membayarnya. Sebagai konsekunsinya anda tidak harus menebusnya lagi. Temukan rencana baru dan hilangkan ketakutan dari pikiran anda dan teruskan langkah anda.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya akan meninggalkan bayang-bayang kegagalan saya di masa lalu. Gagal melakukan sesuatu di masa lalu tidak berarti bahwa sesuatu tu tidak bisa sikerjakan di masa depan. Bagi saya kegagalan bukanlah akhir segalanya, tapi sebuah pelajaran bahwa cara yang saya pakai itu tidak berhasil dan sekarang saatnya saya mencoba cara-cara lainnya. Kegagalan baru akan menjadi tragedi dalam hidup saya bila setelah gagal, saya tidak mau berusaha lagi. Tapi itu tidak akan terjadi. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya telah tahu bagaimana menghindari kegagalan!


No comments:

Post a Comment