TAPI, PENDIDIKAN SAJA BELUM CUKUP

Arah pendidikan yang diambil seorang manusia akan menentukan masa depan kehidupannya.

- Plato

Thomas A. Edison hanya sekolah selama tiga bulan. dia dianggap "terlalu bodoh untuk belajar" oleh gurunya dan akhirnya dipulangkan. Tapi Edison memperoleh dorongan dan semangat dari ibunya agar belajar sendiri. Dia pun menghabiskan banyak waktunya dengan membaca buku-buku di perpustakaan, khususnya buku-buku ilmiah. Ketika Edison berumur 10 tahun, dia membuat laboratorium kimia miliknya sendiri dilantai dasar rumahnya. Ketika Edison berumur 12 tahun, dia bekerja sebagai penjual koran. Pedagang asongan adalah karir berikutnya. Edison menjual koran, permen, buku dan makanan ringan kepada para penumpang kereta api. Keberuntungan datang setelah Edison menyelamatkan anak kepala stasiun kereta api. Untuk menunjukkan rasa terima kasih, kepala stasiun mengajarkan ilmu telegrafi kepada Edisan. Pada usia 17 tahun, dia menjadi operator telegraf yang paling handal. Edison terus menghabiskan uang dan waktunya untuk mengembangkan dirinya dan sebagai hasilnya dia memperoleh gelar kesarjanaan yang sama dengan sarjana-sarjana lain dari beberapa Universitas. Walau Edison hanya mengikuti pendidikan formal selama tiga bulan, tapi Edison sadar akan kelemahannya dan dia menggunakan pikiran sebagai kelebihan. Edison termasuk dalam kelompok 61 orang berbakat, yang di dalamnya bergabung ahli kimia, insinyur, perancang model, ilmuwan, ahli matematika dan ahli mekanik yang terampil. Selama masa hidupnya, Edison telah menyumbangkan lebih dari 1.000 penemuan. Salah satu penemuannya adalah bola lampu pijar.

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Jika kita hanya mengandalkan pendidikan saja maka kita tidak akan pernah sukses, meskipun pendidikan berguna bagi kita semua. Thomas A. Edison sukses karena dia kreatif dan mempunyai keinginan yang sangat kuat untuk mempelajari hal-hal yang baru. Dia memiliki pikiran jenius dengan bergabung dengan dengan ilmuwan-ilmuwan yang sangat ahli untuk menutupi kekurangan yang dimilikinya. Edison juga sangat gigih dalam mengerjakan apapun, ketika Edison mengalami 10.000 kegagalan dalam menemukan lampu pijar dia tidak menganggap kegagalannya kegagalannya sebagai kegagalan. Menurut Edison, dia telah menemukan 10.000 alasan mengapa bola lampu tersebut tidak menyala.

APA YANG HARUS SAYA LAAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya akan menyingkirkan pikiran saya bahwa pendidikan adalah segala-galanya. Bagi saya pendidikan adalah langkah pertama meraih kesuksesan. Kesuksesan selalu membutuhkan hal lain diluar pendidikan. Saya akan menyempurnakan kecakapan yang saya miliki. Saya akan mencari pengalaman. Membangun komitmen dan determinasi. Menjalin kerjasama dengan orang lain. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya tidak memuja pendidikan!


No comments:

Post a Comment