BELAJARLAH MENJADI SEORANG PEMBELAJAR

Saya menbagi dunia menjadi dua: pembelajar dan bukan pembelajar. Ada orang-orang yang belajar, yang terbuka dengan kejadian di sekelilingnya, yang mendengar, yang mendengarkan saran-saran. Bila mereka melakukan sesuatu yang bodoh, mereka tidak akan melakukannya lagi. Dan bila mereka melakukan sesuatu yang agak berhasil, mereka bahkan akan melakukannyalebih baik dan lebih keras selanjutnya. Pertanyaan yang harus diajukan bukanlah apakah anda sukses atau gagal, tapi apakah anda pembelajar atau bukan-pembelajar?

- Benjamin Barber

Hellen Keller dia lahir normal pada tanggal 27 Juni 1881 di Tuscumbia, Alabama. Ketika berusia 9 bulan, dia menderita sakit yang parah dan demam yang menyebabkan dirinya buta dan tuli. Akhirnya penyakit itu membuatnya tidak bisa bicara 5 tahun kemudian. Dia mengalami masalah anak-anak, selalu jadi korban kekerasan dan hinaan kelewat batas. Ketika berusia 7 tahun orang tuanya meminta pertolongan kepada seseorang. Pertolongan datang dari Annie Mansfield Sullivan. Dengan cinta kesabaran dan pengertian yang diberikan Annie Mansfield Sullivan, si gadis kecil itu perlahan-lahan berhasil meraih kecerdasannya kembali. Dia telah lahir kembali dari seorang anak yang keras kepala, bandel, maunya sendiri dan hampir tak dapat diaturnya dia menjadi seorang yang sabar, penurut dan ramah. Dia berhasil mengembangkan kebiasaan dan hasrat besar untuk belajar. Pada usia 16 tahun, dia bisa berbicara cukup lancar untuk masuk sekolah dan akhirnya berhasil menamatkan pendidikan dari Radcliffe College. setelah lulus, Hellen Keller mempersembahkan hidupnya untuk menyampaikan pesan tentang harapan dan membesarkan hati orang-orang cacat di seluruh dunia. Buku-buku Hellen Keller telah diterjemahkan ke lebih dari lima puluh negara. Dia mengajar di lebih dari 25 negara dan memperoleh jutaan dollar dari kebutaannya.

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Keberhasilan Hellen Keller adalah cerita Annie Mansfield Sullivan. Dia orang yang percaya pada potensi tersembunyi yang dimiliki Hellen Keller. Dengan cinta, kesabaran, Pengertian dan dorongan Annie Sullivan mencoba membantu Hellen Keller membangun raksasa tidur dalam dirinya. Seseorang yang berhasil adalah seseorang yang bersedia memberikan dirinya untuk kebaikan orang lain. Belajarlah memberi! Hellen Keller telah menghadapi tantangan-tantangan dan dia berhasil mengatasinya agar bisa menjadi hikmah bagi orang lain.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya akan belajar dari Hellen Keller. Kalau saya memiliki cacat fisik, saya akan menantang diri saya: saya pasti bisa menyamai Hellen Keller. Kalau saya tidak menyamai cacat fisik, saya akan mengucapkan syukur dan menantang diri saya: Kalau Hellen Keller saja bisa mengukir prestasi sebesar itu, saya yang normal tidak bisa? Kesuksesan memang tidak hanya untuk mereka yang normal. Ia milik siapa saja yang mau berusaha dengan gigih meraihnya. Saya akan meraih impian saya sendiri. Saya layak mengukir kesuksesan saya sendiri karena saya memang ditakdirkan untuk itu!


No comments:

Post a Comment