LIHATLAH SEMUANYA DARI SISI POSITIF



Masalahnya: gelas itu setengah kosong atau setengah terisi!
- Ralph J. Bunche

Seorang laki-laki memiliki anak kembar. Kedua anak itu memiliki kesamaan dalam benyak hal, kecuali dalam sikap mereka. Anak laki-laki yang sulung selalu memandang sesuatu dari sisi negatif. Sedangkan anak yang bungsu selalu memandang sesuatu dari sisi positif. Pada ulang tahun mereka yang akan datang, ayahnya berjanji untuk memberikan hadiah untuk mereka berdua. Ketika hari ulang tahun itu tiba, anak yang ulung mendapatkan sepeda merk terbaru. Namun dia tidak merasa bahagia dan berkata, "Sungguh ini sepeda yang indah dan mahal. Aku akan memajangnya, karena bisa jadi sepeda itu akan dicuri orang lain. Ini benar-banar tanggung jawab yang berat." Sedangkan anak yang lebih muda diberi hadiah dalam kotak yang terbungkus rapi. ketika ia membuka kotak tersebut, ia senang ketika mendapat seonggok kotoran kuda di dalam kotak itu. Dia mulai mencari di seluruh sudut rumah. Sang ayah merasa heran dengan reaksi sang anak laki-lakinya dan menanyakan apa yang sedang dicarinya. anaknya menjawab, "Yah, aku tahu pasti ada seekor kuda yang ayah sembunyikan dariku. Itu hadiah ulang tahunku, kan?"

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Kita dapat memutuskan untuk melihat segala sesuatu dari sisi negatif sehingga kita terus mengeluh dan merasa tidak bahagia seperti anak yang lebih tua atau kita dapat memilih untuk menjadi seperti anak yang lebih muda yang melihat sesuatu yang tidak menyenangkan dari sisi positifnya dengan cara menyampaikan terima kasih. Piliha untuk menilai positif dan negatif tergantung pada diri kita. Dan pilihan itulah yang akan menentukan apakah kita akan bahagia atau tidak.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya akan memandang bahwa semua peristiwa ada hikmahnya. Ini adalah sikap positif, sikap para pemenang, sikap mereka yang telah sukses dan sikap mereka yang hendak mengejar kesuksesan. Kekayaan hidup saya tidak hanya karena harta, tapi juga kebijakan saya dalam menyikapi kehidupan itu sendiri. Semakin banyak hikmah yang saya dapatkan, semakin bermaknalah hidup saya. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya mengambil hikmah semua kehidupan yang ditampakkan kepada saya!


No comments:

Post a Comment