KENDALIKAN EMOSI ANDA


Emosi itu api yang melahap semua kayu.
- Pepatah Itali

Ivan Pavlov adalah psikolog terkenal dari Rusia. Penelitiannya yang terkenal adalah respons terkondisi! Pada salah satu percobaannya, dia menguji keterkaitan antara waktu memberi makan dengan respon anjing percobaannya. Dia akan membunyikan bel sebagai tanda bahwa dia akan memberikan makan pada anjing percobaannya. Anjing itu akan mengeluarkan air liur dan mulai melahap semua makanan yang dihidangkan. Kemudian, Ivan Pavlov akan melanjutkan metode serupa ini dalam jangka waktu tertentu untuk mengetahui hubungan bunyin bel dengan sensasi yang dikeluarkan anjingnya. setelah beberapa lama, Ivan Pavlov tidak memberikan makan anjing, tapi tetap membunyikan bel. Bunyi bel itu secara otomatis menyebabkan anjing itu mengeluarkan air liur.

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Kapan pun kita berada dalam kondisi emosional yang sensitif, apapun itu akan membuat kita lemah atau pun kuat, apa pun keanehan yang terjadi serempak dan secara konsisten akan terhubung secara neurologis. Oleh karena itu, di masa datang, kapan saja peristiwa atau hal yang aneh itu terjadi lagi, kondisi emosional yang sama akan muncul. Pemahaman ini akan membantu kita mengatur lebih baik lagi kondisi emosional kita.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN?

Mulai sekarang saya akan memperhatikan gejolak emosional saya. Saya tidak mau emosi-emosi saya menjadi tidak terkendali. tidak seorang pun yang saya ijinkan untuk mempermainkan emosi saya. Saya telah mengeluarkan segalanya dan tidak ingin hanya karena emosi yang tidak terkendali semuanya menjadi berantakan. saya akan menjaga kesehatan saya. Saya akan memperhatikan tekanan darah saya. saya akan menghindari semua perilaku yang hanya akan memanjakan emosi-emosi tak terkendali saya. Saya tidak ingin emosi saya merenggut samua perjuangan saya. saya layak memperoleh kesuksesan karena saya telah menundukkan emosi-emosi saya!


No comments:

Post a Comment