HARAPKAN SELALU KESUKSESAN

Sebuah visi tanpa tindakan hanyalah sebuah impian, tindakan tanpa visi hanyalah pekerjaan yang membosankan. Visi dan tindakan adalah harapan dunia.

- Catatan di sebuah gereja di Sussex, Inggris (1730)

Dr. Henry Viscardi dilahirkan tanpa kaki dan menghabiskan tujuh tahun masa kanak-kanaknya sebagai pasien di sebuah rumah sakit. Sejak anak-anak sampai remaja dia harus menghadapi cacat ini dan telah berjuang untuk melalui penderitaannya. Namun dunia amat kejam dan mengabaikan rintangan yang ditimpakan kepada anak manusia yang hanya punya tinggi badan 3 kaki 8 inci. Pada umur 27 tahun dia baru mendapatkan kaki palsunya. Tiba-tiba sebuah dunia baru terbentang di hadapannya dan inilah yang mengubah hidupnya. Dr. Henry mulai membantu veteran yang tidak memiliki lengan dan kaki di rumah sakit Walter reed selama perang dunia II. Kemudian dia menikahi wanita impiannya dan memiliki empat orang puteri. Dia jugamendirikan The Long Island Human resources Center bagi anak-anak dan orang dewasa yang cacat. Dia mengubah kemalangan yang menimpa dirinya selama bertahun-tahun menjadi sebuah kesempatan untuk mengajar ribuan orang cacat supaya mereka juga memiliki keyakinan dan kepercayaan atas diri dan kemampuan mereka. Dalam sebuah pidatonya, dia mengucapkan kata-kata yang kemudian sangat terkenal, "Harapan adalah sebuah kewajiban, dia bukan suatu kemewahan. Harapan bukan sebuah impian, tapi kekuatan untuk mengubah impian menjadi sebuah kenyataan. Mulialah orang-orang yang mempunyai impian dan yang sudi berkorban untuk mengubah impian itu menjadi sebuah kenyataan. Bagi saya, saya tidak memilih menjadi manusia pada umumnya. Adalah hak saya menjadi manusia yang tidak umum. Saya mencari kesempatan, bukan keselamatan. Saya berani menanggung resiko yang telah diperhitungkan, untuk bermimpi dan membangun, untuk jatuh dan berhasil. Sudah menjadi keyakinan saya untuk tegak berdiri tanpa gentar, bangga dan tidak takut untuk berpikir dan bertindak bagi diri saya sendiri. Saya memiliki harapan kepada kalian semua. Ini juga harapan saya bagi orang-orang yang cacat. Saya berdoa semoga kalian semua menjadi generasi penerus saya yang dilimpahi kesuksesan dan kebahagiaan sampai akhir hidup kalian. Saya berharap semoga kalian semua mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan yang penuh makna sepanjang hidup kalian."

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Bagaimana kita jika dibandingkan Dr. Henry Viscardi? Kebanyakan dari kita dianugerahi kesehatan yang baik, tubuh yang sempurna dan tidak memiliki cacat fisik satu pun. Kita tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan keberanian, ketekunan, kontribusi dan sikap mental positif laki-laki yang cacat ini. Kebanyakan dari kita memang tidak cacat fisik, tetapi alangkah memalukan bahwa mental kitalah yang cacat "Bunuh diri mental" inilah yang terus-menerus membatasi ruang kita bergerak untuk maju dengan penuh keyakinan dalam rangka meraih apa pun yang benar-benar kita inginkan.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya akan membangun sebuah visi besar. Sebuah visi untuk kemanusiaan. Saya akan mulaiberusaha mewujudkan visi ini dengan segala kemampuan dan sumberdaya yang saya miliki. Saya yakin dengan visi yang jelas, perencanaan yang matang dan penerapan yang sistematis, perlahan-lahan tapi pasti visi itu bisa terwujud. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya telah membangun sebuah visi yang amat kokoh!


No comments:

Post a Comment