JANGAN MENCARI KAMBING HITAM

Pelarian terbaik adalah mencari kambing hitam.

- Warren Buffet

Seorang laki-laki memutuskan akan menghabiskan liburannya dengan bermain golf. Dia berada di dekat hole kedua ketika melihat seekor katak sedang berjongkok di depan lapangan golf. Dia tidak memikirkannya dan tepat ketika ia akan mengayunkan stiknya dia mendengar, "Teot-teot 9 iron". Dia memandang kesekelilingnya tetapi tidak melihat siapa pun. "Teot-teot 9 iron", dia mendengar suara itu lagi. Lalu dia melihat ke arah katak dan memutuskan untuk membuktikan bahwa apa yang dikatakan oleh katak itu salah. Dia menaruh stik yang akan digunakan untuk memukul dan mengambilnya dengan 9 iron. Deg! dia memukulnya dan bola berhenti kira-kira 10 inci dari cup. Dia terkejut, lalu dia berkata kepada si katak, "Wow ini sangat menakjubkan, kamu memang katak membawa keberuntungan". Katak itu menjawab, "Teot-teot katak pembawa keberuntungan." Kemudian laki-laki itu memutuskan untuk membawa katak itu ke hole berikutnya. Laki-laki itu bertanya, "Katak, bagaimana pendapatmu?" Katak menjawab, "Teot-teot 3 wood." Dia kemudian mengeluarkan stik 3 wood dan Deg! Hole in one. Dia merasa bingung dan tidak tahu apa yang harus dikatakan. Akhirnya ketika sore tiba dia merasa bahwa hari itulah dia bisa memainkan permainan terbaiknya selama hidupnya. Kemudian dia bertanya kepada katak, "Oke, selanjutnya kemana?" Katak menjawab, "Teot-teot Las Vegas."Mereka pergi ke Las Vegas dan laki-laki itu berkata, "Oke katak, sekarang apa?" Katak itu lalu berkata "Teot-teot rulet." Pada saat dia mendekati meja rulet, dia berkata, "Menurutmu berapa banyak yang harus akau pertaruhkan?" Katak menjawab, "Teot-teot $3.000 dan pasang di black 6." Peluang kemenangan dalam permainan ini adalah 1:1.000.000, tapi setelah merenungi kemenangannya dalam bermain golf, dia tetap mencobanya. Dan... Wow! Black 6! Laki-laki itu menang! Dia mengambil hadiahnya dan menyewa kamar terbaik yang ada di hotel di kota Las Vegas. Di dalam kamar dia duduk disamping si katak dan berkata, "Wahai katak aku tidak tahu bagaimana membalas kebaikanmu. Kamu telah memenangkan banyak uang untukku dan aku sangat berterima kasih." Katak menjawab "Teot-teot cium aku." Dia berpikir, mengapa tidak setelah semua apa yang dilakukan katak untuknya, dia berhak mendapatkannya. Dengan sebuah ciuman, katak itu berubah menjadi gadis cantik berumur 15 tahun. "Dan begitulah ceritanya, pak hakim, bagaimana gadis itu berada di dalam kamar hotel saya."

INILAH PRINSIP-PRINSIP KESUKSESAN ITU

Laki-laki ini merupakan contoh terbaik bagi seseorang yang menderita sindrom mencari-cari alasan. Cerita ini mungkin masuk kategori humor, tetapi ia menggambarkan bagaimana kebanyakan dari kita bereaksi ketika dihadapkan dengan sebuah tantangan. Kita lebih sering memberikan berbagai alasan daripada bertanggungjawab atas keputusan dan tindakan kita.

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SEKARANG?

Mulai sekarang saya akan menghapus kata "kambing hitam" dari kamus kehidupan saya. Seorang yang ingin mencapai tangga kesuksesan haruslah berani menanggung segala resiko. Saya akan menerima semua akibat atas perbuatan saya. Beban tidak akan mengecilkan hati saya karena beban adalah bagian tak terpisahkan dari kesuksesan yang saya kejar. Sungguh mustahil perjalanan menuju kesuksesan tanpa gangguan. Saya layak memperoleh kesuksesan karena saya tidak akan mencari kambing hitam atas kesalahan atau kegagalan saya!

No comments:

Post a Comment